STATISTIKA : Uji Beda Nyata Jujur (BNJ)


  Uji Beda Nyata Jujur (BNJ)
   Pengertian BNJ
Tes Tukey, Uji Beda Nyata Jujur kadang-kadang dikenal sebagai metode Tukey, adalah tes yang populer untuk memasangkan perbandingan multiple posteriori Tes ini, dikembangkan oleh John W. Tukey dan dipresentasikan pada tahun 1953, kekurangannya itu membutuhkan ukuran sampel yang sama. Tes HSD Tukey mempertimbangkan jumlah tingkat perlakuan, nilai kesalahan kuadrat rata-rata, dan ukuran sampel. Dengan menggunakan nilai-nilai ini dan nilai tabel, q, HSD menentukan perbedaan penting yang diperlukan antara sarana dari setiap dua tingkat perlakuan untuk sarana menjadi berbeda secara signifikan (Black, 2010).

Fungsi dan Tujuan Uji BNJ
Tujuan utama dari HSD adalah untuk menghitung kejujuran perbedaan yang signifikan antara dua sarana dengan cara distribusi yang didefinisikan oleh Student t. Distribusi ini memberikan distribusi sampling yang tepat dari perbedaan terbesar antara sekumpulan sarana yang berasal dari populasi yang sama, semua perbedaan berpasangan dievaluasi menggunakan distribusi sampling yang sama yang digunakan untuk perbedaan terbesar (Salkind, 2010).
Fungsi dari uji Tukey (HSD) yaitu membandingkan selisih masing-masing rata-rata dengan sebuah nilai kritis (w).Jika harga mutlak selisih rata-rata yang dibandingkan lebih dari atau sama dengan nilai kritisnya, maka dapat dikatakan bahwa kedua rata-rata tersebut berbeda nyata (signifikan). Jika harga mutlak selisih rata-rata yang dibandingkan kurang dari nilai kritisnya, maka dapat dikatakan bahwa kedua rata-rata tersebut tidak berbeda nyata (sama) (Santoso, 2017).

    Langkah-Langkah BNJ
Langkah-langkah uji BNJ pada aplikasi SPSS yaitu membuka SPSS kemudian medefinisikan data pada Variabel View dan menginput datanya pada Data View. Kemudian di klik Analyze, lalu Compare Means àOne Way ANOVA. Kemudian masukkan variabel-variabel yang akan dimasukkan ke Dependent List dan kemudian variabel yang lain dimassukkan ke Factor. Lalu pada kolom Pos Hoc, pilih Tukey. Jika dianggap datanya sudah benar maka kemudian pilih Continue dan OK . Jika probabilitas > 0.05, maka H0 ditolak dan sebaliknya jika probabilitas < 0,05 maka H0 diterima (Santoso, 2017).

Komentar