STATISTIKA : Grafik Statistika


Grafik-grafik yang sering digunakan dalam statistika antara lain :

1. Bar chart
Bar chart atau grafik batang adalah grafik yang menggambarkan data menggunakan batang. Grafik batang digunakan untuk menyajikan distribusi nilai dari variabel kualitatif Batang menunjukkan data dan ketinggiannya menggambarkan frekuensinya. Grafik batang termasuk salah satu grafik yang paling banyak digunakan (Cooper, 2010).

2. Box-plot 
Box plot atau diagram kotak-garis menampilkan data dalam bentuk diagram yang terdiri dari kotak dan garis. Pada waktu kita menganalisis data dan menggunakan nilai-tengah sebagai ukuran pemusatan dan simpangan baku sebagai ukuran persebarannya, secara implisit ada anggapan dasar mengenai sebaran data tersebut, yaitu bahwa data berasal dari populasi tunggal, sebarannya simetris, dan tidak ada pencilan di dalamnya. 

3. Line Chart
Grafik garis sering disebut juga peta garis (line chart) atau kurva (curve), merupakan bentuk penyajian data berupa garis-garis dan yang paling banyak dipakai dalam berbagai laporan perusahaan maupun penelitian ilmiah. Data dapat diklasifikasikan atas ciri-ciri kronologis, geografis, kuantitatif maupun kualitatif. Salah satu bentuk data yang dapat diklasifikasi secara kronologis adalah data deret berkala (time series).

4. Pie Chart
Grafik lingkaran ini menarik karena dari segi visualisasi yang memiliki banyak sekali karakter yang unik dan enak dilihat. Akan tetapi grafik lingkaran memiliki sisi kelemahan dalam hal tujuan untuk perbandingan antara sektor-sektor yang terdapat dalam lingkarannya. Grafik lingkaran umumnya digunakan untuk menyajikan data dalam bentuk persentase. Penyajian berbagai data yang besarnya berbeda (ekstrim) dalam diagram yang sama, merupakan suatu prosedur yang meragukan. Mengingat lingkaran terdiri dari 360 derajat, maka 3,6 derajat berarti menggambarkan persentase sebesar 1% (Anwar,2014). 

Komentar