Identitas Diri


        Identitas mengacu pada karakter khusus individu atau anggota suatu kelompok atau kategori sosial tertentu yang melekat  dan membedakan dengan yang lain. Identitas berasal dari kata "idem" dalam bahasa Latin yang berarti sama. Dengan demikian identitas mengandung makna kesamaan atau kesatuan dengan yang lain dalam suatu wilayah atau hal-hal tertentu (Rummens, 1993:157-159),


        Selain mengandung makna kesamaan, identitas juga mengandung makna perbedaan. Identitas dapat juga bermakna suatu karakter yang membedakan suatu individu atau kelompok dari individu atau kelompok lainnya. Dengan demikian identitas mengandung dua makna, yaitu hubungan persamaan dan hubungan perbedaan. Hubungan persamaan dalam identitas muncul ketika suatu individu mempunyai kesamaan dengan individu lain dalam suatu kelompok. Hubungan perbedaan dalam identitas muncul ketika suatu individu atau kelompok mempunyai suatu karakter tertentu yang membedakan individu atau kelompok tersebut dari individu atau kelompok lainnya.
        Identitas yang dimiliki oleh seorang individu dapat berupa identitas personal dan identitas sosial. Identitas personal merupakan suatu karakter tertentu yang dimiliki oleh seorang individu yang membedakan dari orang lain. Identitas personal dapat berupa ciri-ciri fisik seperti wajah dan tinggi badan, atau ciri psikologis seperti sifat, tingkah laku, dan gaya bicara. Identitas sosial merupakan hasil dari identifikasi diri oleh orang lain. Secara lebih jelas, identitas sosial merupakan suatu pengetahuan dan pengakuan diri individu sebagai anggota suatu kelompok serta pengakuan kelompok kepada individu tersebut sebagai anggotanya.

Mengapa identitas itu penting ?
      misalkan saya seorang nonmuslim berteman dengan seorang muslim, ketika saya mengundangnya makan malam kerumah maka saya wajib menjamu nya dengan makanan halal, karena saya menghargainya. Contoh lainnya seperti saya sebagai mahasiswa yang mana bertemu dengan orang dari berbagai daerah. Dengan hal tersebut maka saya harus menghormati berbagai perbedaan, mulai dari sifat, kebiasaan, tingkah laku dll. jadi identitas itu sangat penting untuk setiap makhluk hidup, seperti itu untuk menunjang sosialnya, karena dengan identitas dapat mempermudah setiap manusia berhubungan dengan manusia yang lainnya. 



Komentar