4 macam positioning:
Market leader (pemimpin pasar):
Market leader merupakan perusahaan pemegang
bagian pasar terbesar dalam pasar produk yang relevan, dimana perusahaan lain
mengikuti tindakan-tindakannya dalam perubahan harga, pengenalan produk baru,
pencakupan saluran dan intensitas promosi. (Djaslim Saladin (2006:115) ).
Market leader menguasai 40% pasar. Beberapa
contoh pemimpin pasar di Indonesia adalah Aqua(Air minum dalam kemasan), Gudang
Garam(Rokok kretek), Unilever Indonesia(Barang kemasan konsumen), Teh Botol
Sosro(teh botol), Gramedia (penerbit), kompas(Surat kabar harian),
Indofood(makanan). Pemimpin pasar atau market leader haruslah selalu waspada
karena, posisi market leader bisa saja diambil alih oleh challenger.
Market Challenger (penantang pasar):
merupakan perusahaan yang berusaha untuk
memperluas pangsa pasarnya sehingga dapat merebut posisi market leader. Market
challenger menguasai 30% pasar. Beberapa contoh market challenger yaitu
Colgate, Ford, dan Pepsi Cola.
Market Follower (pasar pengikut): market follower merupakan
perusahaan yang hanya mengikuti produk dari market leader dan tidak berusaha
untuk menyaingi market leader. Market follower mendapat laba atau keuntungan
yang tinggi karena perusahaan tidak berusaha untuk mengembangkan produk . market follower
menguasai 20% pasar. Contoh : Blackberry, Windows phone
Market Nicher (pengisi celah pasar): market nicher
merupakan perusahaan yang menempati sebagian kecil dari seluruh pasar yang
ada. Market nicher ini mencoba masuk kesatu atau
lebih celah-celah pasar yang aman dan menguntungkan yang dilupakan atau terlewatka
oeh perusahaan besar. Beberapa contoh market
Nitcher yaitu Betadine, Tropicana Slim, A Mild, Rejoice 2 in 1 Shampoo,Majalah
Selular, dan kamus Inggris EF.
Komentar
Posting Komentar