PEMASARAN : 4 macam positioning:


4 macam positioning:

Market leader (pemimpin pasar):  Market leader merupakan perusahaan pemegang bagian pasar terbesar dalam pasar produk yang relevan, dimana perusahaan lain mengikuti tindakan-tindakannya dalam perubahan harga, pengenalan produk baru, pencakupan saluran dan intensitas promosi. (Djaslim Saladin (2006:115) ). Market leader menguasai 40% pasar. Beberapa contoh pemimpin pasar di Indonesia adalah Aqua(Air minum dalam kemasan), Gudang Garam(Rokok kretek), Unilever Indonesia(Barang kemasan konsumen), Teh Botol Sosro(teh botol), Gramedia (penerbit), kompas(Surat kabar harian), Indofood(makanan). Pemimpin pasar atau market leader haruslah selalu waspada karena, posisi market leader bisa saja diambil alih oleh challenger.

Market Challenger (penantang pasar): merupakan perusahaan yang  berusaha untuk memperluas pangsa pasarnya sehingga dapat merebut posisi market leader. Market challenger menguasai 30% pasar. Beberapa contoh market challenger yaitu Colgate, Ford, dan Pepsi Cola. 
  
 Market Follower (pasar pengikut): market follower merupakan perusahaan yang hanya mengikuti produk dari market leader dan tidak berusaha untuk menyaingi market leader. Market follower mendapat laba atau keuntungan yang tinggi karena perusahaan tidak berusaha untuk mengembangkan produk . market follower menguasai 20% pasar.  Contoh :  Blackberry, Windows phone

 Market Nicher (pengisi celah pasar): market nicher merupakan perusahaan yang menempati sebagian kecil dari seluruh pasar yang ada.  Market nicher ini mencoba masuk kesatu atau lebih celah-celah pasar yang aman dan menguntungkan yang dilupakan atau terlewatka
oeh perusahaan besar. Beberapa contoh market Nitcher yaitu Betadine, Tropicana Slim, A Mild, Rejoice 2 in 1 Shampoo,Majalah Selular, dan kamus Inggris EF.


Komentar