STATISTIKA : Design Expert


Design Expert
 Definisi Aplikasi Design Expert
Design expert merupakan sebuah program profesional yang digunakan untuk optimasi produk atau proses. Biasanya, design expert ini digunakan dalam lingkup teknik, industri, maupun desain interaksi. Tujuan digunakannya design expert ini yaitu untuk mencapai nilai solusi optimum atau solusi yang diinginkan. Dalam software ini, dapat dilakukan percobaan hingga 50 faktor. Signifikansi faktor-faktor ini diperoleh dari analisis varians (ANOVA). Berdasarkan model prediksi yang divalidasi, optimasi numerik membantu peneliti atau pengguna menentukan nilai yang ideal untuk masing-masing faktor dalam percobaan (Rubin, 2010).

 Kegunaan Rancangan One Factor Design
This simple form of experimental design can be easily extended to many samples using one factor design where the effect of different levels of a controllable factor, or treatment, or a measured response can be investigated. One factor structure are simple to implement in practice and represent a more efficient form of investigation which enables better use of information on how treatments affect a response to be forthcoming without necessarily increasing the experimental effort. Hence, the use of terminology such as treatment, plot, and block in experimental design explanations (Julet, 2013).
Desain eksperimen dengan satu faktor sangat banyak digunakan dalam dunia statistik yang terdiri dari faktor-faktor tertentu, perawatan, maupun respon-respon yang terkait. Desain eksperimen satu faktor merupakan suatu rancangan percobaan dengan tiap langkah tindakan yang benar-benar terdefinisikan sedemikian rupa sehingga informasi yang berhubungan dapat dikumpulkan. Kegunaan dari desain satu faktor ini antara lain untuk memperoleh atau mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dalam melakukan penelitian. Desain ini berusaha untuk memperoleh informasi yang maksimum dengan menggunakan biaya yang minimum (Julet, 2013).

Kegunaan Central Composite Design
Central composite design adalah rancangan percobaan yang digunakan dalam metode surface respon. Pada metode surface respon, central composite design digunakan untuk membangun model (polinomial) suatu fungsi matematis dari variabel-variabel bebas (X1, X2....Xn) terhadap respon (y) yang terbentuk. Central composite design terdiri dari rancangan faktorial atau fraksional faktorial dengan titik pusat. Dengan menggunakan central composite design, kita dapat menghemat runs percobaan karena banyaknya data pengamatan yang diperlukan untuk membuat model jauh lebih sedikit, tanpa kehilangan informasi tentang efek utama. Untuk model variabel respon curventure dengan menambahkan pusat dan titik aksial untuk desain faktorial yang sebelumnya (Harianti dkk, 2012).

Komentar