STATISTIKA : Rancangan Komposit Pusat


Rancangan Komposit Pusat
Definisi Rancangan Komposit Pusat.
Rancangan komposit pusat termasuk kedalam kelompok rancangan dapat-putar (rotatable design). Secara umum, rancangan komposit pusat didefinisikan sebagai suatu rancangan percobaan faktorial  atau faktorial sebagian ditambah dengan  titik-titik sumbu. Nilai eksperimen untuk variabel k yaitu  + 2k + , dimana   adalah notasi nilai eksperimen pada rancangan komposit pusat. Pada dasarnya, rancangan komposit pusat adalah rancangan faktorial ordo pertama (  yang diperluas melalui penambahan titik pengamatan pada pusat agar memungkinkan pendugaan koefisien parameter permukaan respon ordo kedua (Ogunnaike, 2010).

Kegunaan Rancangan Komposit Pusat
Rancangan komposit pusat adalah rancangan percobaan yang digunakan dalam metode surface respon. Pada metode surface respon, rancangan komposit pusat digunakan untuk membangun model (polinomial) suatu fungsi matematis dari variabel-variabel bebas (X1, X2....Xn) terhadap respon (y) yang terbentuk. Rancangan komposit pusat terdiri dari rancangan faktorial atau fraksional faktorial dengan titik pusat. Dengan menggunakan rancangan komposit pusat, kita dapat menghemat runs percobaan karena banyaknya data pengamatan yang diperlukan untuk membuat model jauh lebih sedikit, tanpa kehilangan informasi tentang efek utama (Harianti dkk, 2012).

Kelebihan dan Kekurangan Rancangan Komposit Pusat
Kelebihan dari rancangan komposit pusat yaitu kita dapat menghemat runs percobaan karena banyaknya data pengamatan yang diperlukan untuk membuat model jauh lebih sedikit, tanpa kehilangan informasi tentang efek utama. Selain itu juga, rancangan komposit pusat merupakan desain yang sangat efektif dan efisien untuk memperkirakan orde pertama dan orde kedua. Sedangkan untuk kekurangan rancangan komposit pusat yaitu tidak dapat diterapkan pada beberapa kasus yang memiliki kompleksitas tinggi (Harianti dkk, 2012).

  Aplikasi Rancangan Komposit Pusat pada Bidang Agroindustri
          Salah satu aplikasi Desain Komposit Pusat di Bidang Agroindustri adalah delignifikasi pulp dengan Laccases bakteri. Laccases bakteri juga mampu biobleach pulp berbeda dengan mediator. Laccase dari Streptomyces cyaneus di hadapan 2,2 azino bis menurunkan KN yang meningkatkan kecerahan dengan 2,3 U dan 2,2%, masing-masing. Sebuah lakase bebas Alcalophilic selulase dari γ Protoebacterium JB diaplikasikan pada bubur soda kaya jerami gandum untuk mengevaluasi potensi pemutihannya dengan mengoptimalkan kondisi dengan menggunakan metodologi permukaan respon berdasarkan desain komposit pusat. Desain dipekerjakan dengan memilih unit Laccase, pH konsentrasi ABTS sebagai faktor model. Hasil dari percobaan desain faktorial urutan kedua menunjukkan bahwa ketiga variabel independen memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kecerahan dan KN dari pulp yang diperlakukan lakase (Dhillon dan Kaur, 2016).

Komentar