PEMASARAN : Analisa Segmenting, Targeting, dan Positioning


TUGAS PEMASARAN
ANALISA SEGMENTING, TARGETING, DAN POSITIONING (STP)
UNTUK PRODUK KEJU KRAFT




Disusun Oleh :
Emmalyana Vivianti   175100300111036
Maulidia                      175100301111020
Amalyatul Fadlilah     175100301111062
Dosen Pengampu :
Dr. Siti Asmaul M., STP, MP



JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2018

PENDAHULUAN  
Keju adalah makanan berbentuk padat yang terbuat dari susu sapi, kambing, domba dan mamalia lainnya dengan menghilangkan kandungan airnya dengan menggunakan kombinasi rennet dan pengasaman. Bakteri juga digunakan sebagai pengasaman pada susu untuk menambahkan tekstur dan rasa pada keju. Keju sebagai salah satu produk asal hewan yang kandungan proteinnya tinggi memiliki harga yang relatif lebih tinggi dibandingkan komoditas pangan lainnya, sehingga konsumsi atau permintaan produk keju berkaitan erat dengan kemampuan atau daya beli konsumen.
Keju Kraft merupakan salah satu produk keju yang memiliki banyak gizi serta mengandung kalsium yang hampir sama dengan susu sapi, membuat Keju Kraft banyak digemari. Beragam varian dari produk Keju Kraft, yang sebelumnya hanya tersedia Keju Kraft Cheddar dan Keju Kraft Singles, kini tersedia KejuKraft QuickMelt, Keju Kraft Singles 40 persen Rendah Lemak, dan produk paling baru dari Keju Kraft yaitu Keju Kraft Singles BBQ Chicken5. Sebagai panganan yang praktis dan bernutrisi, produk ini sangat digemari para ibu rumah tangga yang juga sibuk bekerja. Menyiapkan sarapan pagi untuk keluarga, kini tidak perlu banyak menyita waktu.

SEGMENTASI
Segmentasi pasar (market segmentation) adalah proses pembagian pasar kedalam kelompok-kelompok kecil yang homogen. Segmentasi pasar memungkinkan pengusaha untuk merespons secara lebih efektif terhadap kebutuhan konsumen yang lebih homogen. Sebaliknya, jika tanpa segmentasi pasar, pengusaha harus mengidentifikasi sebuah produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen di pasar. Contoh aplikasinya terhadap salah satu produk makanan agroindustri adalah Keju Kraft.
PT. Kraft Foods Indonesia merupakan salah satu produsen produk Keju dengan merek Kraft. Keju Kraft memiliki varian produk yang cukup beragam dari segi rasa, jenis keju hingga ukuran, dimana diferensiasi itu dilakukan untuk dapat memenuhi kebutuhan yang sesuai dengan segmentasi , posisi dan target konsumen produk Keju Kraft serta memberikan hasil perasaan puas bagi konsumen Keju Kraft. Tingginya tingkat persaingan yang terjadi membuat para kompetitor melakukan promosi besar-besaran. Persaingan tersebut menjadikan perusahaan berusaha untuk dapat tetap mempertahankan pangsa pasar dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada dan juga dapat meraih pelanggan baru. Oleh karena itu, perusahaan pun harus lebih berorientasi pada konsumen, dengan cara mengetahui apa yang konsumen inginkan dan butuhkan melalui analisis kepuasan dan loyalitas konsumen.
Pemilihan lokasi ini dilakukan secara sengaja (purposive) dengan pertimbangan bahwa Giant Taman Yasmin merupakan salah satu hypermarket yang menyediakan atau menjual produk Keju Kraft, selain itu lokasi Giant Taman Yasmin yang berada di sekitar perumahan seperti Perumahan Taman Yasmin, Bukit cimanggu City, Cijahe Residence, Bogor Raya Permai, Tamansari Persada dan kompleks perumahan lain yang tergolong tingkat ekonomi menengah ke atas menjadi salah satu pertimbangan peneliti dalam menentukan lokasi penelitian. Hal tersebut dikarenakan segmentasi produk Keju Kraft yang ditujukan untuk konsumen menengah ke atas. Kegiatan pengumpulan dan pengolahan data dilaksanakan selama dua bulan mulai dari bulan Maret 2011 hingga bulan April 2011.

 Perusahaan memang menujukan produk Keju Kraft ini untuk konsumen dengan tingkat ekonomi menengah – ke atas, namun seiring berjalannya waktu pihak Kraft Foods Indonesia mulai melebarkan daerah distribusi produknya untuk memasuki pasar-pasar tradisional. Keyakinan pihak produsen atas produk kejunya yang berkualitas membuat produsen tidak khawatir ditinggalkan konsumen dengan pemberian harga yang sedikit lebih tinggi diatas produk keju lokal lainnya.

TARGETING
Targeting pasar adalah penyeleksian pasar sasaran sesuai dengan kriteria-kriteria tertentu (selecting) dan menjangkau pasar sasaran tersebut (reaching) untuk mengkomunikasikan nilai. Penetapan target pasar (targeting) adalah memilih satu atau lebih segmen pasar yang akan dimasuki, atau cara perusahaan untuk mengoptimalkan suatu pasar. Dalam penentuan target pasar tergantung dari hal-hal seperti karakter produk, karakter segmentasi, dan tingkat persaingan pada segmen yang sudah dipilih (Widyawanti, 2014).
Target pasar dari keju kraft yaitu kalangan menengah ke atas. Kalangan menengah atas disini yaitu konsumen rumah tangga (keluarga) dengan memposisikan keju kraft sebagai produk makanan yang bernutrisi. Target tersebut dijalankan dengan perkenalan karakteristik produk yaitu pangan penuh gizi serta praktis yang dapat dikonsumsi kapan dan dimana saja,  dapat dinikmati oleh semua kalangan usia, memiliki rasa dan bau yang tidak terlalu menyengat, serta kandungan kalsiumnya yang hampir sama dengan susu sapi kepada masyrakat Indonesia melalui iklan di Televisi.

POSITIONING
Positioning adalah tindakan yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk menciptakan imaj, reputasi ataupun presepsi dibenak pelanggan. Positioning itu dibagi menjadi  Market leader (pemimpin pasar), Market Challeger (penantang pasar), Market Follower (pengikut pasar) dan Market Nicher (pengisi celah pasar). Positioning dapat dilakukan dengan menanamkan kesan suatu produk didalam benak konsumen. Kesan tersebut bisa dilakukan seperti dengan slogan. Adapun slogan dari Keju Kraft itu sendiri diantaranya :
“Kalau Keju Ya Harus KRAFT
“KRAFT, Enak Gizinya”
“KRAFT, Kejutan Mooo Tiap Hari”
“KRAFT, Kerennya Bikin Wow”.
Dengan slogan tersebut maka konsumen akan percaya bahwa keju kraft merupakan keju yang bergizi, enak dan susunya yang berasal dari susu sapi yang berkualitas. Sehingga dibenak konsumen akan tertanam bahwa keju terbaik merupakan keju kraft, sehingga mereka akan lebih memilih untuk mengkonsumsi keju kraft. 

Tabel 1 Aneka merek keju di Indonesia
 
 

No
Merek
Produsen
1.
Kraft
PT Kraft Foods Indonesia
2.
Diamond
PT. Diamond Indonesia
3.
Cheesy
PT. Dairygold Indonesia
4.
Natura Gouda
CV. Bukit Baros Cempaka Sukabumi
5.
Chesdale
Product of New Zealand
6.
Baby Bell
Product of France
7.
De Jongs Edam
Product of Holland
8.
Prochiz
PT. Mulia Boga Raya
9.
Perfetto, mozarella cheese
Product of Australia
10.
Galbany
Product of Italy


Terdapat banyak produk keju di Indonesia, pada tabel diatas dapat dilihat beberapa merek keju yang mengisi pasar di Indonesia. Beberapa merek diantaranya sudah dikenal baik oleh masyarakat seperti keju merek Kraft, Diamond, Cheesy serta Prochiz.  Kraft sendiri dapat dikatakan sebagai leader untuk produk keju. Menurut Sari (2011), Kraft sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat Indonesia dan  menguasai pangsa pasar sebesar 60%. Sedangkan sisanya yaitu 40% dikuasai oleh merek lokal lain yaitu Diamond, Cheesy, Prochiz serta keju-keju impor. Selain itu kraft juga melakukan diferensiasi, yang pada awalnya kraft hanya memiliki satu varian produk yaitu  Keju Kraft Cheddar. Namun kemudian berkembang menjadi memiliki beberapa varian seperti Keju Kraft Singles, Keju Kraft QuickMelt, Keju Kraft Singles 40 persen Rendah Lemak, dan produk paling baru dari Keju Kraft yaitu Keju Kraft Singles BBQ Chicken. Hal ini dilakukan Kraft agar produk dapat memenuhi kebutuhan konsumen dan dapat bertahan  sebagai leader di pasar.  






















DAFTAR PUSTAKA
Hisrich, R.D., dkk. 2008. Entrepreneurship Kewirausahaan Edisi 7. Salemba Empat : Jakarta
Sari, Dinar Asteria Permata. 2011. “Analisi Tingkat Kepuasan dan Loyalitas Konsumen     Produk Keju Merek Kraft di Kota Bogor” . Fakultas Ekonomi dan Manajemen. Institut         Pertanian Bogor. Bogor . H34087011 hal : 1-121
Widyawati, Siska Dwi. 2014. “Analisis Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dalam   Penjualan Produk Kecap Cap Kaki Dollar di Tulungagung”. Fakultas Pertanian.      Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”  Jawatimur, Surabaya


Komentar